Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BUKU SISWA BAHASA INDONESIA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA - File PDF

 

Buku Bahasa Indonesia kelas 8 untuk SMP/MTs ini disusun untuk membantu siswa dalam memfasilitasi pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII.

Buku teks Bahasa Indonesia merupakan alat bantu pembelajaran bagi siswa. Pembelajaran yang direkomendasikan dalam buku ini adalah dengan menggunakan tiga pendekatan, yakni mengutamakan keteladanan siswa sebagai pendidik, pembelajaran yang berpusat pada siswa, serta pembelajaran kontekstual. Untuk itu, model pembelajarannya memang perlu kontekstual, banyak mengggunakan diskusi dan presentasi, hingga model pembelajaran proyek.

Namun situasi di masing-masing lingkungan pendidikan tentu berbeda- beda. Untuk itu siswa perlu mengembangkan model pembelajaran sendiri yang dipandang relevan dengan pembelajaran yang difasilitasinya. Siswa perlu lebih intensif meluangkan waktu dalam pembelajaran yang dipandangnya paling efektif untuk keperluan masing-masing.

Dengan buku ini siswa dapat membaca dan mempelajari setiap bagian materi yang akan membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan buku ini. Begitu juga penggunaan pemetaan pikiran (mind mapping) dalam setiap pertemuan seperti pemetaan pikiran yang dicontohkan dalam setiap bab. Berbagai contoh yang ada di dalam buku ini kiranya akan mempermudah siswa menyiapkan dan menjalankan proses pembelajaran Bahasa Indonesia yang difasilitasinya.


Penulis dan Penerbit

Penulis buku Bahasa Indonesia Kelas 8 terdiri dari Maya Lestari Gusfitri dan Elly Delfia. Sementara penelaah adalah Titik Harsiati dan Mu’jizah. Buku Bahasa Indonesia untuk siswa ini diterbitkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat.

Post a Comment for "BUKU SISWA BAHASA INDONESIA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA - File PDF"