Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BUKU INFORMATIKA UNTUK SISWA KELAS 8 SMP/MTS KURIKULUM MERDEKA - File PDF

 

Buku Informatika untuk siswa kelas 8 ini hadir di tangan anda ditulis sebagai buku pegangan pembelajaran Informatika bagi peserta didik kelas VIII, yang dirancang berkesinambungan sebagai kelanjutan pelajaran informatika yang mengacu ke Buku Siswa Informatika Kelas VII. 

Di dunia yang saat ini memasuki era Revolusi Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0, Informatika merupakan salah satu disiplin ilmu yang wajib dikuasai oleh setiap orang, dan aspek praktisnya sudah diperlukan sejak usia dini.

Akibatnya, di banyak negara, informatika mulai diajarkan sejak usia lebih dini, khususnya untuk membentuk pola pikir yang disebut berpikir komputasional (computational thinking), yang merupakan salah satu literasi baru, sejalan dengan literasi digital. 

Kurikulum Informatika terdiri atas 8 elemen, yaitu Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB). 

Semua elemen pengetahuan tersebut akan dipelajari melalui aktivitas yang dirancang pada buku siswa ini, agar peserta didik memperdalam dan memperluas konsep serta menambah keterampilan yang telah dijalani peserta didik sesuai Buku Siswa Informatika Kelas VII. 

Aktivitas pembelajaran yang dilakukan pada kelas VIII polanya sama dengan kelas VII, yaitu ada aktivitas individu dan berkelompok. Aktivitas juga dapat dilaksanakan secara plugged (membutuhkan komputer) dan/atau unplugged (tidak membutuhkan komputer). 

Dengan adanya aktivitas-aktivitas unplugged, pembelajaran informatika tidak terpaku atau bergantung pada perangkat elektronik semata. Harapannya, peserta didik dapat memahami konsep dan implementasi informatika dengan lebih baik dan bermakna.

Materi dan aktivitas disampaikan sudah disesuaikan dengan kebutuhan dari peserta didik kelas VIII dan dikemas dalam bentuk yang menarik disertai dengan gambar dan karakter.


Penulis dari buku ini adalah Maresha Caroline Wijanto, Irya Wisnubhadra, Vania Natali, Wahyono,  Sri Mulyati,  Ari Wardhani,  Sutardi, Heni Pratiwi, Budiman Saputra, Kurnia Astiani, dan Sumiati. Penelaah buku yakni Inggriani, Paulina Heruningsih Prima Rosa, dan Adi Mulyanto. Buku Bahasa Indonesia untuk siswa ini diterbitkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat.

Post a Comment for "BUKU INFORMATIKA UNTUK SISWA KELAS 8 SMP/MTS KURIKULUM MERDEKA - File PDF"