Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Telegram Bisa Edit Typo di Pesan yang Sudah Terkirim, Begini Caranya

Unsplash/Christian Wiediger

Typo alias salah tik saat berkirim pesan instan adalah salah satu kebiasaan yang cukup menjengkelkan. Apalagi kalau kesalahan itu bisa menyebabkan perubahan makna sehingga menjadi berbeda dibanding tujuan awalnya. Untuk membantu penggunanya mengatasi persoalan tersebut, aplikasi Telegram menyediakan fitur khusus untuk memperbaiki typo ketika berkirim pesan. Fitur ini bernama "edit message" dan sudah hadir sejak 2016.

Dengan adanya fitur edit, pengguna bisa memperbaiki typo pada pesan yang ada di ruang obrolan grup atau perorangan, meski pesan itu sudah dibaca oleh penerima pesan, termasuk anggota/admin grup. Namun, ada batas waktu yang diberlakukan pada fitur edit pesan ini. Sebagaimana dihimpun dari akun Twitter resmi Telegram dengan handle @telegram, pengguna hanya bisa menyunting pesan maksimal dalam dua hari atau 48 jam setelah pesan tersebut terkirim.


Cara edit pesan Telegram yang sudah terkirim. 

Editing pesan yang sudah terkirim bisa dilakukan di aplikasi Telegram di Android dan iOS, serta desktop. Langkah-langkahnya sebagai berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari How to Geek, Sabtu (9/10/2021).

  • Buka ruang obrolan Telegram
  • Pilih pesan yang ingin diedit
  • Untuk pengguna Telegram di iPhone dan Android, tekan dan tahan bubble pesan yang ingin diedit. Sementara itu, untuk pengguna Telegram desktop, klik kanan pada bubble pesan yang ingin diubah.
  • Nantinya akan muncul ikon atau menu pop-up "edit"  
  • Pilih menu atau ikon "edit" tersebut 
  • Lalu, pengguna tinggal perbaiki isi pesan sesuai keinginan 
  • Bila sudah selesai diedit, klik tanda "centang biru"  

Dengan begitu, pesan yang mengandung typo tadi sudah berhasil diperbaiki. Nantinya, setiap pesan Telegram yang diedit akan diberi label keterangan "edited", menandakan bahwa pesan tersebut sudah mengalami perubahan.

Setelah disunting, penerima pesan perorangan tidak bisa lagi melihat tulisan awal dari pesan yang bersangkutan. Beda halnya dengan di grup, karena admin tetap dapat melihat pesan asli yang dikirim sebelum diubah.


Post a Comment for "Telegram Bisa Edit Typo di Pesan yang Sudah Terkirim, Begini Caranya"