Peringatan Dirgahayu Indonesia ke-74, Beragam Perayaan Masyarakat Indonesia


Pada setiap peringatan HUT RI atau hari kemerdekaan republik Indonesia selalu diadakan kegiatan untuk memperingati dan merayakannya, beberapa bentuk perayaannya adalah:

Upacara Bendera

Pada peringatan dirgahayu Indonesia, upacara bendera merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan di berbagai tempat, mulai dari pemerintahan maupun di sekolah-sekolah hingga di lembaga pemasyarakatan, upacara bendera ada yang dilakukan dua kali dalam sehari yaitu pada pagi hari untuk penaikkan bendera dan pada sore hari untuk penurunan bendera.

Aneka Perlombaan

Setiap peringatan dirgahayu Indonesia, di sekitar lingkungan warga biasanya juga diadakan beraneka macam lomba permainan tradisional asli Indonesia seperti:

Tarik Tambang

 Lomba tarik tambang adalah sebuah perlombaan dimana ada 2 buah tim yang masing-masing tim biasanya terdiri dari 3 orang atau lebih, dan semua peserta memegang erat sebuah tali tambang. Di tengah-tengah terdapat pembatas berupa garis. Masing-masing tim berupaya menarik tali tambang sekuat mungkin agar tim lawan melewati garis pembatas. Tim yang tertarik melewati garis pembatas dinyatakan kalah.

 Makan Kerupuk

 Lomba makan kerupuk adalah sebuah perlombaan dimana seluruh peserta beradu cepat untuk memakan kerupuk yang digantung di seutas tali.

Gebuk Bantal

 Lomba gebuk bantal biasanya dilakukan diatas sungai, dimana 2 orang masing-masing memegang bantal dan duduk diatas bambu yang diletakkan diatas sungai. 2 orang tersebut saling mengebuk menggunakan bantal, siapa yang jatuh dan tercebur maka dialah yang kalah.

Balap Karung

 Lomba balap karung adalah sebuah perlombaan dimana seluruh peserta diwajibkan masuk kedalam sebuah karung goni dan beradu cepat untuk berlari mencapai garis finish.

Panjat Pinang

 Lomba panjat pinang adalah sebuah perlombaan dimana para pesertanya diharuskan untuk memanjat pohon pinang yang batangnya telah dilumuri pelumas untuk mendapatkan hadiah-hadiah menarik yang telah digantung diatasnya.

Masih banyak lagi perlombaan yang lainnya misalnya berbagai macam olahraga seperti sepakbola dan voli, joget balon, lomba kelereng diatas sendok, memasukkan belut kedalam botol, dan lain-lain. Semua perlombaan agustusan di dirgahayu Indonesia ini bertujuan untuk menciptakan rasa persatuan dan kebersamaan diantara kita.

Pentas Seni

 Pentas seni untuk memeriahkan agustusan biasanya berupa acara musik dan tari-tarian hingga peragaan baju daerah, bahkan ada juga yang mengadakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Dan masih banyak cara lainnya untuk memperingati dirgahayu Indonesia seperti pawai atau karnaval, kegiatan sosial, dan lain sebagainya yang kesemuanya bertujuan untuk mempertebal rasa nasionalisme dan persatuan.

0 Response to "Peringatan Dirgahayu Indonesia ke-74, Beragam Perayaan Masyarakat Indonesia"