Menunaikan Salat Tahajud di Bulan Ramadan Tak Lagi Berat dengan Tips Ini

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh kemuliaan. Segala amal ibadah yang dijalankan akan mendapat pahala yang dilipat gandakan. Setiap kebaikan yang ditaburkan akan membuat kita menuai kebaikan yang tak kalah mengagumkan nantinya.
Hari ini, umat muslim memasuki hari pertama puasa Ramadan 1439H (2018 M). Selain diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, disarankan agar kita sebagai umat muslim berlomba-lomba dalam menunaikan ibadah lainnya. Salah satu ibadah yang paling disarankan adalah salat sunah tahajud.
Apa Itu Salat Tahajud?
Salat tahajud merupakan salah sunah yang dilakukan di malam hari selepas tidur dengan jumlah raka'at dua raka'at atau kelipatannya dan tidak memiliki batasan. Salat tahajud adalah salat yang didirikan dalam dua raka'at untuk sekali salam. Syarat dari salat sunah ini adalah dilakukan setelah salat isya' dan harus setelah tidur, walau tidurnya hanya sebentar saja.
“Dan pada sebagian malam hari shalat Tahajud-lah kamu….” -QS. Al-Israa’/17 ayat 79-
Keutamaan Salat Tahajud
Salat tahajud memiliki banyak manfaat. Antaranya adalah menghapus dosa, membuka pintu rejeki, pengabul doa, mendekatkan diri kepada Ilahi, menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih sabar dan mampu menahan emosi dengan baik, menjadikan kita sebagai pribadi yang memiliki aura terang dan meneduhkan di mata orang lain serta masih banyak lagi.
“Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Rabb-mu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Rabb-mu ketika kamu bangun berdiri, dan bertasbihlah kepada-Nya pada be-berapa saat di malam hari dan waktu terbenam bintang-bintang (di waktu fajar).”  -QS. Ath-Thuur/52 ayat 48-49-
Tunaikan salat tahajud dan dapatkan banyak manfaatnya/copyright shutterstock.com
Bagaimana Agar Menunaikan Tahajud Tak Terasa Berat?
Di bulan Ramadan ini, ini adalah kesempatan kita yang beragama muslim untuk lebih giat dan semangat menunaikan ibadah wajib maupun sunah seperti halnya salat tahajud. Tahajud tak akan terasa berat selama kita telah memantapkan niat untuk melakukannya malam nanti. Tanamkan dalam diri kamu untuk bangun dari tidur dan menunaikan tahajud.
Jika tak terbiasa bangun sendiri, kamu bisa memanfaatkan alarm di gadget atau pun jam dekat tempat tidur kamu. Segera bangun dan ambil air minum kemudian segera pergi ke kamar mandi untuk mengambil air wudhu yang kemudian dilanjutkan dengan salat tahajud. Tapi, di bulan Ramadan ini kamu tentunya memiliki waktu lebih panjang dan banyak untuk menunaikan salat tahajud.
Agar menunaikan salat tahajud di bulan Ramadan tak terasa berat, tunaikan salat ini selepas sahur. Namun ingat, pastikan bahwa kamu bangun sahur lebih awal yakni antara jam 2 sampai jam 3 malam. Saat bangun tidur, segera ambil air wudhu atau sekedar cuci muka kemudian makan sahur seperti biasa. Jika sudah selesai sahur, segera bersihkan alat makan kemudian segera ambil air wudhu. Tunaikan salat tahajud sambil menunggu subuh tiba. Jika waktu antara salat tahajud dan subuh masih panjang, kamu bisa mengisinya dengan bertilawah al-quran.
Yakinkan pada diri kamu bahwa kamu akan bangun untuk sahur, salat tahajud dan menunaikan ibadah lainnya. Berdoa sebelum tidur agar Tuhan mengabulkan keyakinanmu. Jangan lupa untuk tidur lebih awal dan bersuci dulu sebelum tidur agar kamu memiliki kualitas tidur yang maksimal.
Tak akan kata susah bangun untuk menunaikan salat tahajud dan sahur selama bulan Ramadan jika niat di dalam hatimu sungguh-sungguh. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Marhaban ya Ramadan.
Sumber : vemale.com

0 Response to "Menunaikan Salat Tahajud di Bulan Ramadan Tak Lagi Berat dengan Tips Ini"