Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Terhindar Dari Hacker Phising Facebook

Hay guys, selamat malam.

Malam ini mimin akan berbagi sedikit pengalaman mengenai hacker yang mengincar akun facebook menggunakan phising.


Phising adalah suatu metode yang di gunakan hacker untuk mencuri password dengan cara mengelabui target menggunakan fake form login pada situs palsu yang menyerupai situs aslinya.


Bagi kalian pengguna facebook harus berhati-hati ketika ada seseorang yang menyuruh membuka link yang dikirimnya melalui chat di facebook, apalagi yang mengirim itu orang yang belum kalian kenal, sangatlah berbahaya dan bisa mengakibatkan facebook kalian diambil alih oleh orang yang mengirim link tersebut.



Cara kerja Phising :
Ketika kita tahu cara kerja phising maka akan lebih mudah untuk menghindarinya. Tahapan atau Cara kerja Phishing adalah sebagai berikut :
1. Dengan suatu cara si peretas membuat kita melakukan klik terhadap link situs palsu mereka, bisa dengan sebuah gambar menarik di media sosial, bujukan pada email dan lain sebagainya.
2. Setelah melakukan klik, kita akan di arahkan ke situs palsu yang mana pada situs tersebut terdapat form isian misalnya form login facebook dengan kata kata yang meyakinkan bahwa facebook kita telah logout dan meminta kita memasukkan username dan password kembali. kita yang tidak menyangka bahwa situs tersebut hanyalah tiruan akan mengisi saja username dan password tanpa curiga.
3. Apa yang kita masukkan ke form isian itu akan tersimpan di server si peretas. Jadi kita masih punya waktu untuk merubah password kita sebelum si peretas melihat username dan password kita di servernya.
4. Akun kita akan di ambil alih. peretas kemungkinan besar menggunakan akun kita untuk menyebarkan url psihing ke teman teman kita untuk mendapatkan korban yang lebih banyak.
Meretas password dengan metode phishing adalah yang paling mudah di praktikkan, itu sebabnya banyak sekali di dunia maya tersebar rujukan alamat alamat yang mengarahkan browser kita ke alamat web pishing atau web palsu.

Sekarang bagaimana cara kita menghindari phising tersebut ?
Jawabannya cuma satu yaitu kalian sebelum login ke halaman login facebook, twitter atau situs jejaring sosial lainnya kalian harus melihat domain alamat situs tersebut.
Contohnya jika kalian mau login ke akun facebook kalian harus melihat domain alamat facebook yaitu www.web.facebook.com atau www.m.facebook.com ini adalah alamat asli facebook.
Jika alamatnya bukan seperti diatas itu adalah phising atau halaman login palsu. Contoh www.id.facebook.ml ini adalah alamat palsu.
Coba kalian lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya :



Ok, mimin rasa kalian semua sudah paham dengan yang namanya phising atau alamat login palsu ini. jadi sekarang mimin berharap sudah tidak ada lagi orang yang tertipu atau terkena korban pishing lagi. selalu berhati-hati ya dalam berselanjar di dunia maya, karena sangat banyak ranjau yang menunggu.
Akhir kata mimin ucapkan terimakasih bagi pembaca yang sudah mau berkunjung ke blog Awink Story ini.

Post a Comment for "Cara Agar Terhindar Dari Hacker Phising Facebook"